Apa dampak negatif AI?

Selama ini kita hanya bisa fokus pada sisi positif AI tanpa melihat efek negatif yang bisa ditimbulkannya. Fisikawan terkenal Stephen Hawking pernah mengatakan bahwa AI bisa menjadi bencana besar bagi manusia jika tidak dikendalikan dengan benar.

Senada dengan Hawking, bos Tesla dan SpaceX Elon Musk juga mengatakan hal yang sama

. Dia bahkan berpikir AI jauh lebih berbahaya daripada tenaga nuklir. Dia mengungkapkan ketakutan Musk terhadap AI karena dia merasa cukup dekat dengan dunia AI dan kemudian mengenali bahayanya.

Lalu seberapa berbahayakah AI bagi kehidupan manusia? Mari kita lihat bahaya AI dengan melihat dampak negatif AI terhadap kehidupan manusia di bumi.
otomatisasi

Otomasi telah lama menggantikan pekerjaan manusia dengan mesin. Kini, dengan hadirnya AI menambah gangguan di area kerja yang bisa digantikan oleh mesin otomatis. Akibatnya, semakin banyak orang yang kehilangan pekerjaan. Brookings Institution melakukan penelitian pada 2019, dan hasilnya menunjukkan bahwa sekitar 36 juta orang dalam pekerjaan berisiko digantikan oleh otomatisasi. Itu berarti sebagian besar dari mereka akan segera kehilangan pekerjaan karena akan digantikan oleh otomatisasi.

Studi ini juga menunjukkan bahwa karyawan berisiko digantikan oleh AI

. AI menjadi lebih cerdas dan lincah sehingga manusia tidak lagi dibutuhkan di sana. Sementara AI dapat menciptakan pekerjaan baru, itu hanya dapat diakses oleh orang-orang dengan keterampilan khusus dan sangat terampil.
Privasi dan keamanan

Makalah 2018 berjudul Penggunaan Kecerdasan Buatan yang Berbahaya: Peramalan, Pencegahan, dan Mitigasi mengungkapkan ancaman lain yang ditimbulkan oleh AI.

Makalah yang dihasilkan oleh 26 peneliti dari 14 institusi (akademisi, sipil dan industri), menyoroti penggunaan AI untuk aktivitas yang berpotensi mengancam keamanan digital, seperti AI untuk peretasan, kontrol drone, penghapusan privasi, Profiling, dan disinformasi. kampanye, otomatis dan bertarget.
Video palsu

Beberapa waktu lalu kami mengulas artikel tentang video deepfake (baca: Apa yang Viral: Reface App, Face Swap Dengan Teknologi AI). Video Deepfake merupakan teknologi yang menggunakan kecerdasan buatan dari machine learning, khususnya GAN (General Adversarial Network).

Video deepfake dirancang untuk memanipulasi wajah dalam video

. Deepfake bisa membuat video dengan wajah yang mirip dengan seseorang, padahal bukan orang tersebut di video tersebut. Teknologi ini tentu bisa berbahaya karena dapat merugikan orang lain dan akan sulit bagi orang untuk mengetahui kebenaran sebuah video karena sulit untuk dilihat dengan mata telanjang.
Memperlebar kesenjangan antara kesenjangan sosial dan ekonomi

Poin ini berkaitan dengan poin pertama di atas, di mana orang akan kehilangan pekerjaan karena digantikan oleh teknologi otomasi mesin dengan AI. Untuk alasan efisiensi, pabrik akan memodernisasi fasilitas produksi dengan mesin berteknologi tinggi.

Efisiensi dapat dicapai dengan bantuan mesin otomatis dan AI, tetapi harganya juga tinggi, yaitu jutaan orang terancam pengangguran. Kondisi ini akan semakin memperlebar kesenjangan kesenjangan sosial dan ekonomi di masyarakat.
Senjata otonom

Elon Musk mengatakan AI lebih berbahaya daripada senjata nuklir. Tetapi bagaimana jika ada AI dalam senjata nuklir? Tentu saja, ini adalah mimpi buruk yang lebih dari buruk. Bagaimana jika AI yang bisa berpikir seperti manusia memutuskan untuk meluncurkan senjata nuklirnya sendiri?

Tentu saja, ini adalah potensi bencana yang besar. Pada 2015, hingga 30.000 peneliti AI dan robotika menandatangani surat terbuka. Mereka menolak penggunaan AI dalam senjata.

Jadi ini adalah beberapa efek negatif AI yang harus dipertimbangkan oleh para peneliti dan pemangku kepentingan. Meskipun AI dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia, namun dampak negatif yang dapat terjadi dapat diminimalisir jika kita mengelola perkembangan AI dengan baik.

Lihat Juga :

https://creasi.co.id/
https://fintekmedia.id/
https://kricom.id/
https://kissasian.id/
https://travelbos.co.id/
https://kebangkitan-nasional.or.id/
https://www.sudoway.id/
https://mozillalinks.org/
https://jurubicara.id/
https://memphisthemusical.com/
https://minglebox.com/
https://ngelag.com/
https://newsinfilm.com/
https://voi.co.id/
https://jadwalxxi.id/
https://desamembangun.id/
https://kanreg12bkn.id/
https://ejurnalbalaibahasa.id/
https://ppdb-batam.id/
https://balaibahasajateng.id/
https://www.bolt.id/